23.2.06

Imam Ali Khali’ Qasam (Manakib 7)

Wali yang Dermawan

Dia adalah sesepuh para aulia di Hadramaut. Konon, ia sering bersalam dengan Rasulullah SAW. Dialah pula yang pertama kali dimakamkan di pemakaman Zanbal, Tarim, yang terkenal itu.

Kota Tarim, di Hardamaut, Yaman, dikenal sebagai kota kelahiran para ulama besar yang kemudian menjadi waliullah. Salah seorang di antaranya, Sayid Al-Imam Ali ibnu Alwi, yang juga mendapat gelar Imam Ali Khali’ Qasam. Boleh dibilang, dia adalah sesepuh para ulama besar Hadramaut. Nama lengkapnya Habib Ali bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad A-Muhajir bin Isa bin Muhammad bin Ali Al-‘Uraidhi bin Ja’far Ash-Shadiq.

Sejak kecil ia rajin beribadah dan dikenal cerdas serta berakhlak mulia. Ketika menginjak dewasa, ia sudah menjadi guru besar karena keluasan ilmu agamanya. Ia lahir dan dibesarkan di Baitu Jubair, Hadramaut, suatu daerah yang penuh berkah dan kebaikan. Di sana pula ia mengaji kepada ayahandanya, terutama Al-Quran dan hadis. Bahkan kemudian sudah mampu pula menghafal Al-Quran. Selain itu, ia juga belajar dari para ulama besar yang lain di berbagai pelosok Tarim. Akhirnya, pada 521 H/1101 M ia memutuskan bermukim di kota tersebut.

Dia terkenal dengan julukan Khali’ Qasam, setelah membeli sebidang tanah seharga 20.000 dinar. Di tanah yang kemudian ia namakan Qasam itu – sesuai nama tanah keluarganya di Bashrah – ia bertanam kurma. Setelah membangun sebuah rumah di sana, belakangan beberapa orang mengikuti jejaknya, sehingga kawasan itu menjadi sebuah permukiman kecil. Lama-kelamaan kawasan itu tumbuh menjadi sebuah kota kecil bernama Qasam, yang tersohor.

Ia juga dikenal sebagai orang pertama dari keluarga Ba’alwi yang tinggal di Tarim. Setelah ia menetap di sana, banyak orang berdatangan dan kemudian bermukim pula di sana. Di Tarim itu juga ia menyemarakkan berbagai majelis pengajian untuk dakwah, dan di sana pula ia mengajar hadis. Sejak itu ia termasyhur sebagai ulama yang sangat alim dengan berbagai karamah. Ketika itu, sangat jarang ada ulama yang mempunyai maqam setinggi itu. Ketinggian maqamnya, antara lain, ditulis oleh Al-Imam al-Habib Abdullah bin Alwi Alhaddad dalam syairnya:

Rasulullah membalas salamnya,

“(Salam bagimu) ya Syekh.”

Sebagai jawaban atas salamnya (kepada Rasulullah),

kagumlah orang-orang mulia.

Syair itu menggambarkan karamahnya yang tinggi.

Konon, salah satu karamahnya yang luar biasa ialah, ia selalu berdialog dengan Rasulullah dalam salat. Setiap kali ia menunaikan salat dan sampai pada tahiat, ia selalu membaca salam kepada Rasulullah berkali-kali, “As-salamu ‘alaika ayyuhan Nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh,” sampai ia mendengar jawaban Rasulullah SAW, “As-salamu ‘alaika ya Syekh (salam sejahtera bagimu, wahai Syekh).” Konon pula, ia juga sering “berhadapan” dengan Rasulullah SAW, lalu bertanya mengenai segala macam kesulitan, sehingga Rasul menjelaskannya.

Menangislah Kalian!

Karamah-karamah itu juga ditulis oleh para ulama seperti Al-Jundi, Asy-Syaraji, Ibnu Hisan, dan lain-lain. Al-Allamah asy-Syekh al-Khatib juga menuliskannya dalam kitab Al-Jauhar asy-Syafa’at. Menurut Syekh Abdul Wahab asy-Sya’rawi, “Tidak akan sampai seseorang kepada maqam yang mampu berinteraksi langsung dengan Rasulullah SAW dan mendengar jawaban salamnya, kecuali ia telah melampaui 247.999 maqam para aulia.” Dan Imam Ali Khali’ Qasam dianggap telah melampauinya.

Suatu hari, Syekh Abu Al-Abbas al-Mursi bertanya kepada para sahabatnya, “Adakah di antara kalian yang, ketika menyampaikan salam kepada Rasulullah SAW dalam salat, langsung mendengar jawaban salam dari Rasul?” Jawab para sahabatnya, “Tidak ada.” Lalu kata Syekh Abu Al-Abbas, “Menangislah kalian, karena kalbu kalian tertutup.” Syekh rupanya bermaksud menegaskan karamah Imam Ali Khali’ Qasam – yang tidak hanya mendapat jawaban salam dari Rasul SAW dalam salatnya, tapi juga dalam semua kesempatan ketika ia menyampaikan salam kepada Rasul SAW.

Meski maqamnya cukup tinggi, ia tetap tawaduk, rendah hati, dengan perilaku yang halus dan pakaian yang sangat sederhana. Ia tidak pernah terlihat lebih menonjol dari orang lain. Jika duduk bersama orang-orang saleh maupun orang awam, ia tidak pernah memperlihatkan diri sebagai ulama terkemuka, kecuali ketika sedang mengajar atau berdakwah. Ia juga sangat dermawan, banyak memberi santunan, khususnya bagi mereka yang datang dari jauh.

Dialah yang membangun Masjid Bani Ahmad di Tarim, yang kemudian diberi nama Masjid Ba’alwi, sejak 900 tahun silam. Pembangunan masjid itu dilanjutkan oleh putranya, Imam Muhammad Shahib Mirbath (wafat 556 H/1136 M).

Imam Ali Khali’ Qasam, ulama besar dan sesepuh para aulia Hadramaut, wafat berkisar antara 523 hingga 529 H/1103 sampai 1109 M. Akan tetapi, dalam kitab Nafa’is al-‘Uqud fi Syajarah ‘alal Ba’abud, Habib Muhammad bin Husin Ba’abud menulis, Imam Ali Khali’ Qasam meninggal pada tahun 527 H/1107 M. Sedangkan menurut Al-Ustaz Alwi bin Muhammad Bilfagih dalam kitab Syajarah as-Sa’adah ‘alal Bani Alawy, Imam Ali Khali’ Qasam wafat pada 529 H/1109 M. Sementara dalam riwayat lain disebutkan, ia wafat pada 529 H/1109 M. Jasadnya disemayamkan di makam Zanbal, Tarim, sebagai ulama pertama keluarga Ba’alwi dan cucu Imam Ahmad Al-Muhajir, yang dimakamkan di pemakaman Zanbal yang terkenal itu.


Disarikan oleh AST dari Syarh al-Ainiyyah, Nadzm Sayyidina al-Habib al-Qutub Abdullah bin Alwi Alhaddad Ba'alawy, karya Al-Allamah al-Habib Ahmad bin Zain Alhabsyi Ba’alawy

0 Comments:

Post a Comment

<< Home